Organisasi Berdasarkan Tipe dan Bentuk
A.
Pengertian Organisasi
Organisasi
adalah sekumpulan orang-orang antara dua orang atau lebih yang disusun dalam
kelompok-kelompok, mempunyai pembagian kerja dan tata hubungan kerja secara
struktur, formal, dan terkoordinasi yang mempunyai bentuk kerjasama untuk
mendapatkan pencapaian suatu tujuan bersama dan juga memiliki visi dan misi
yang sama.
Menyangkut hal itu pengertian organisasi juga merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan.
Menyangkut hal itu pengertian organisasi juga merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan.
B.
Tipe-tipe Organisasi
Secara garis besar organisasi dapat
dibedakan menjadi dua macam, yaitu organisasi formal dan organisasi informal.
Pembagian tersebut tergantung pada tingkat atau derajat mereka terstruktur.
Namur dalam kenyataannya tidak ada sebuah organisasi formal maupun informal
yang sempurna.Berikut adalah tipe-tipe organisasi :
1.
Piramida Mendatar(flat) mempunyai
ciri-ciri diantaranya :
• Jumlah satuan
organisasi tidak banyak sehingga tingkat-tingkat hararki kewenangan sedikit.
• Jumlah
pekerja(bawahan) yang harus dikendalikan cukup banyak
• Format jabatan
untuk tingkat pimpinan sedikit karena jumlah pimpinan relatif kecil,di negara
kita bisa kita lihat misal nya organisasi kemiliteran.
2.
Piramida Terbalik
Organisasi piramida terbalik adalah
kebalikan dari tipe piramida terbalik adalah jumlah jabatan pimpinan lebih
besar daripada jumlah pekerja. Organisasi ini hanya cocok untuk
organisasi-organisasi yang pengangkatan pegawainya berdasarkan atas jabatan
fungsional seperti organisasi-organisasi/ lembaga-lembaga penelitian,
lembaga-lembaga pendidikan.
3.
Type Kerucut
Type
organisasi kerucut mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
•
Jumlah satuan organisasi banyak sehingga
tingkat-tingkat hirarki/kewenangan banyak.
• Rentang kendali sempit.
• Rentang kendali sempit.
•
Pelimpahan wewenang dan tanggung jawab
kepada penjabat/pimpinan yang bawah/rendah.
•
Jarak antara pimpinan tingkat atas
dengan pimpinan tingkat bawah terlalu jauh.
•
Jumlah informasi jabatan cukup besar.
C.
Macam-Macam Bentuk Organisasi
Ada
tiga macam bentuk organisasi dalam suatu perusahaan, yakni; organisasi garis /
lini, organisasi garis dan staff, organisasi staff dan fungsional. Dimana
ketiga bentuk organisasi ini memiliki perbedaan kelebihan dan kekurangan dalam
proses kerja dan sistem-nya.
1. Organisasi Garis
Suatu
organisasi yang dimana jumlah karyawannya masih sedikit dan belum memiliki
keahlian yang tinggi, dimiliki oleh suatu perusahaan yang masih kecil.
Perusahaan ini memiliki organisasi garis. Dimana dalam organisasi ini mampu menimbulkan
rasa solidaritas yang tinggi antar karyawannya. Karena didukung faktor
minim-nya jumlah karyawan yang dimiliki. Dalam perusahaan ini proses
pengambilan keputusan dilakukan hanya satu orang. Tanpa adanya proses
perundingan atau negosiasi terlebih dahulu dengan karyawan yang lainnya. Dengan
hanya memiliki satu pemimpin dapat menimbulkan sikap kepemimpinan yang meninggi
terhadap bawahannya.
2. Organisasi Garis Dan Staff
Organisasi
dimana dibutuhkan adanya staff atau karyawan dalam proses penanganan dalam
perusahaan yang bersangkutan. Organisasi ini dibutuhkan pada perusahaan yang
besar karena memiliki bidang tenaga kerja yang banyak. Kelebihannya adalah
pengambilan kepurusan dapat diambil dengan tepat karena adanya perumusan dari
manajemen yang ahli dalam bidangnya. Kelemahan dari organisasi ini adalah rasa
solidaritas antar bawahan sulit terjalin dengan baik (tidak saling kenal)
karena banyaknya karyawan dan kesibukkan yang melanda.
3. Organisasi Staff Dan Fungsional
Penyatuan
dari organisasi staff dan fungsional, dalam organisasi ini dapat dilakukan
perumusan tujuan yang jelas untuk menangani masalah dalam perusahaan. Pembagian
kerja yang profesional berdasarkan bidangnya.
Berikut
macam-macam bentuk organisasi lain :
•
Bentuk Organisasi Lini.
•
Bentuk Organisasi Fungsional.
•
Bentuk Organisasi Fungsional & Lini.
•
Bentuk Organisasi Lini &Staff
Struktur atau Skema Organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar