PROSES ORGANISASI
Dalam Organisasi
tentunya terdapat proses-proses yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan
yang diinginkan. Seperti, Proses mempengaruhi pengambilan keputusan dan
komunikasi adalah proses-proses manejerial karena secara nyata dilaksanakan
oleh para manajer. Proses-proses ini juga merupakan proses-proses
organisasional karena lebih penting daripada manajer individual dalam
pengaruhny apada pencapaian tujuan–tujuan organisasi. Ketiga proses organisasi
dan manejemen ini merupakan bagian vital sistem organisasi formal dan mempunyai
implikasi-implikasi sangat penting terhadap perilaku organisasi.
Didalam proses organisasi
terdapat beberapa proses pendukung lainnya yaitu antara lain :
1. Proses memahami
Merupakan proses untuk
memmpengaruhi yaitu suatu bentuk kegiatan atau keteladanan yang baik secara
langsung atau tidak langsung mengakibatkan suatu perubahan perilaku dan sikap
orang lain atau kelompok. Proses ini biasanya diterapkan untuk mengerti suatu
bentuk kebiasaan atau perilaku dari anggota organisasi sehingga dapat melihat
dan memehami karakterisitik dari sebuah organisasi itu sendiri.
2. Proses Pengambilan Keputusan
Keputusan dari seorang pemimpin
tidak datang secara tiba-tiba, tetapi melalui suatu proses. Pengambilan
keputusan yang akan diwujudkan menjadi kegiatan kelompok merupakan hak dan
kewajiban pucuk pimpinan berupa wewenang dan wewenang itu dapat dilimpahkan.
Pengambilan keputusan oleh
seorang pemimpin yang bersifat apriori (berburuk sangka) selalu merupakan
proses, baik yang berlangsung dalam pikiran maupun dalam kegiatan oprasioal
pemecahan masalah. Proses pengambilan keputusan itu berlangsung dengan Konsep sebagai
berikut :
Identifikasi dan diagnosis masalah
Pengumpulan dan analisis data
yang relevan
Pengembangan & evaluasi
alternantif
Pemilihan alternatif terbaik
Implementasi keputusan &
evaluasi terhadap hasil -hasil
a. Tipe –Tipe Keputusan Manajemen
Keputusan-keputusan perseorangan
dan strategi
Kepusan-keputusan pribadi dan
strategi
Keputusan-keputusan dasar dan
rutin
Sementara itu tahapan-tahapan
dalam proses pengambilan keputusan dapat dikemukakan sebagai berikut :
3. Proses Pengambilan Keputusan
a. Model-model Pengambilan
Keputusan
Relationalitas Keputusan
Model-model perilaku pengambilan
keputusan
b. Teknik Pengambilan Keputusan
Teknik -teknik Kreatif:
Brainstorming & Synectics
Teknik -teknik Partisipatif
Teknik -teknik pengambilan
keputusan Modern : Teknik Delphi, Teknik Kelompok Nominal
Sumber :
dhiazaditya0606.wordpress.com/…/struktur-organisasi-proses-organis…
ocw.gunadarma.ac.id/…and…organisasi…/proses-organisasi/view
Modul Teori Organisasi Universitas
Gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar